0 Sekilas tentang Soreang

Soreang merupakan pusat arus transportasi sibuk di Bandung Selatan

Soreang merupakan ibukota dari Kabupaten Bandung, di sini terdapat perkantoran dinas pemerintah terpadu yang dibangun di atas lahan seluas 24 hektar. Sehingga semua pegawai negeri sipil masuk kerja di dalam sebuah pusat pemerintahan Kabupaten Bandung


Soreang pun salah satu pusat arus transportasi sibuk di Bandung Selatan. Terletak 18 km di sebelah selatan Kota Bandung, daerah ini merupakan penghubung antara Kota Bandung dan Ciwidey.

Kemacetan menjadi masalah utama akses menuju Soreang

Dikarenakan sering terjadi kemacetan yang parah di sepanjang ruas jalan menuju Soreang, terutama di daerah Kopo Sayati dan Kawasan industri di Katapang. Sehingga jarak dari Kota Bandung meskipun cukup dekat, Anda yang berkendara dengan menggunakan mobil butuh waktu lebih dari satu jam untuk mencapai Soreang. Kemacetan menjadi masalah utama akses menuju Soreang, serta disinyalir menjadi faktor penghambat perkembangan bisnis di Soreang yang notabene sebagai Kota Kabupaten.

Kilas Balik Sejarah

Pada zaman penjajahan Belanda pernah dibangun rel kereta api yang melintasi kota ini untuk mengangkut hasil perkebunan teh dari Ciwidey. Jalur rel ini tersambung dengan jalur rel kereta api di Kota Bandung. Namun, sekarang jalur ini sudah tidak dipakai lagi.

Soreang juga merupakan sentra konveksi terbesar di Kabupaten Bandung

Pusat kegiatan penduduk di Soreang lebih terpusat di Kota Soreang dan sekitarnya. Mayoritas masyarakat melakukan bisnis di bidang konveksi. Sehingga Soreang bisa disebut daerah sentra konveksi terbesar di Kabupaten bandung. Di akhir pekan, biasanya terdapat pasar tumpah di kawasan Jalan Terusan Al-Fathu di sebelah selatan kompleks Pemkab Bandung yang selalu dipadati warga kota.

Pameran rutin setiap tahun

Setiap tahun dalam rangka hari jadi kabupaten Bandung yang jatuh setiap 20 April, di Soreang rutin diadakan pameran kesenian dan kreativitas yang diselenggarakan oleh Pemkab Bandung. Biasanya pameran ini bertempat di Lapangan Terminal Cingcin di Jalan Gading Tutuka atau bersebalahan dengan perumahan Soreang Indah.

Pembenahan tata ruang kota Soreang

Seiring dengan perkembangan zaman, meski tidak signifikan, kota Soreang pun selalu melakukan pembenahan, terutama dalam hal tata ruang kota.

Menurut rencananya, dalam rangka menanggulangi kemacetan yang seringkali terjadi di Soreang, pemerintah kabupaten telah mempersiapkan sebuah rencana dengan membangun jalan tol Soroja (Soreang - Pasirkoja). Rencananya, jalan tol akan menghubungkan antara Soreang dengan Pasirkoja di kota Bandung.

Artikel sekilas tentang Soreang ini bersumber dari portal resmi kabupaten Bandung dan Wikipedia. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar