0 Harapan Pengrajin Seni Ukir Ciwidey

Ciwidey selain memiliki kekayaan alam serta wisata kuliner yang beragam, kawasan ini juga memiliki pengrajin seni ukir. Dihimpun dari Galamedia, terdapat informasi seputar, "Harapan Pengrajin Seni Ukir Ciwidey". Berikut laporannya ...

Dalam kurun waktu 2 tahun, pengrajin seni ukir yang berada di kawasan Ciwidey mengalami penurunan jumlah penjualan berbagai macam produksi hasil seni ukir. Hal ini sesuai dengan yang dikeluhkan oleh pengrajin seni ukir logam dan kayu di Kp. Mekarlaksana Desa Panyocokan Kecamatan Ciwidey. Sehingga mereka sanga berharap dalam musim libur lebaran tahun ini dapat meningkatkan omset penjualan.

Para pengrajin merasa kesulitan dalam memasarkan produk di kawasan domestik Jawa Barat. Faktor lain yang memengaruhi pnurunan penjualan adalah kurangnya peminat golok dan keris. Untuk kawasan Jawa Barat, para pengrajin sangat mengandalkan penjualan pada ajang pameran. Mereka berniat secepatnya akan mencari pemasaran di luar daerah.

"Kondisi seperti ini berbanding terbalik ketika golok dan keris Ciwidey mengalami masa kejayaan. Soalnya beberapa tahun lalu produk kami mampu menembus Malaysia dan Amerika Serikat." ~   Egi Primadani, pemilik sanggar kerajinan Pusaka Rama 

Sama halnya dengan pasar domestik, kini para pengrajin seni ukir di Ciwidey kesulitan mengekspor produk. Faktor yang sering menjadi kendala saat proses ekpor adalah berbenturan dengan regulasi di bandara.

Demikian sekilas informasi seputar, "Harapan Pengrajin Seni Ukir Ciwidey", yang kami petik dari harian Galamedia dalam jaringan. 

0 komentar:

Posting Komentar